Rabu, 30 September 2009

SURROGATES : CERITA SEDERHANA DENGAN PESAN YANG BESAR

Serius! Surrogates adalah film detektif biasa tapi dibungkus dengan pesan kemanusiaan yang mirip dengan The Net. Walaupun imdb.com memasukkannya sebagai jenis film action dan sci-fi, bagi saya sih, unsur action-nya masih kalah seru dibanding katakanlah, Merantau (aku cinta film Indonesia!) dan keberadaan surrogates dalam film ini tidak membuat saya percaya bahwa hal itu bisa terjadi di dunia nyata (beda dengan film-film alien-nya Spielberg), sehingga rasanya kurang tepat jika disebut sci-fi. Habis, penjelasan ilmiahnya minim banget, tidak membuat pengetahuan bertambah cukup banyak, sih....

Tapi, bukan berarti saya tidak suka film ini. Meski yang main Om Bruce yang sudah tuwir itu, bagi saya, ini film yang cukup bagus. Paling tidak, setelah menontonnya, kita jadi berpikir bahwa menjadi terluka, sakit, tua dan mati adalah kodrat manusia yang tidak bisa dielakkan. Oleh sebab itu, hadapilah dengan berani dan tabah.


Ceritanya sendiri berkisar pada kehidupan manusia pada suatu masa di masa depan. Pada masa itu, manusia telah kecanduan Surrogates yang diciptakan oleh Dr. Canter. Dengan menggunakan robot pengganti atau surrogates, manusia bisa mengendalikannya dengan pikiran tanpa perlu keluar rumah. Maka, bertebaranlah robot-robot dengan penampilan fisik sempurna dan muda serta tak kenal rasa sakit.

Kondisi ini rupanya mengganggu Tom Greer (Willis), polisi yang sudah lama merindukan kemesraan bersama istrinya, Maggie. Apalagi saat terjadi pembunuhan terhadap putra Dr. Canter, Greer menjadi semakin yakin bahwa hidup berlindung di balik surrogate bukanlah hal yang tepat. Hal itu diamini oleh Dr. Canter yang seperti Alfred Nobel, menyesali penemuannyan sendiri. Bedanya, Nobel memperbaiki keadaan dengan cara mendonasi para penjaga perdamaian, sementara Dr. Canter memilih jalan yang radikal....

Akhir kata, selamat menonton. Meskipun cara bertuturnya kurang menyentuh, hargailah pesan yang disampaikan. Jangan takut menjadi terluka, sakit dan tua. Terimalah segala sesuatu yang terjadi pada diri kita dengan tabah dan berani.

Gambar :
imdb.com

Tidak ada komentar: