Senin, 10 Agustus 2009

MUSIC SAVES MY LIFE! (1)

Sebagai orang yang sama sekali tidak bisa memainkan satu pun alat musik, saya sering terkagum-kagum melihat mereka yang terhitung jago memainkan berbagai jenis alat musik. Yah, sebenarnya saya bisa memainkan alat musik yang gampang seperti harmonika. Tapi ya cuma itu. Ah, malangnya aku ini....

Makanya, saya jadi menyukai film-film musikal atau film yang setidaknya membahas musik. Apalagi jika musik (ceritanya) mengubah atau menyelamatkan hidup seseorang. Hehehe, film itu biasanya (hanya 'biasanya', sebab ada juga film yang membosankan ^_^) masuk dalam daftar film tentang musik yang mengubah hidup versi saya. Misalnya, film-film di bawah ini :

DANNY THE DOG (UNLEASHED) (2005)
Salah satu film Jet Li yang paling saya sukai. Film ini menceritakan seorang pemuda bernama Danny yang hidupnya 'diselamatkan' oleh musik. Padahal, sebelumnya Danny, yang 'dibesarkan' oleh 'ayah angkat' yang seorang penjahat di Glasgow adalah petarung yang lebih mirip robot tanpa perasaan sama sekali. Namun, setelah bertemu dengan sebuah keluarga dari Amerika yang penuh kasih sayang dan memperkenalkannya pada musik, sedikit demi sedikit masa lalu Danny mulai terkuak. Danny pun harus memilih : kembali pada kehidupan lamanya yang penuh dengan darah dan kekejian atau menjalani hidup baru yang penuh cinta dan... tentu saja, musik.

AUGUST RUSH (2007)
Dalam film dengan musik yang indah ini, Freddie Highmore berperan sebagai bocah yang jenius dalam bidang musik. Sejak bayi, August atau Evan Taylor sudah tinggal di panti asuhan. Namun, August yakin, ia dapat menemukan orang tuanya lagi melalui musik yang ia mainkan hingga akan terdengar oleh orang tuanya. Terus terang, saya sampai terheran-heran melihat aksi August dalam memainkan gitar. Jago banget, Jimmi Hendrix aja bisa kalah, tuh! Makanya, dengan segera film ini menjadi salah satu kesukaan saya. Kalau kamu pernah nonton, kamu pasti akan suka juga.


THAT THING YOU DO! (1996)
Sebenarnya, film ini agak membosankan bagi saya karena sepanjang film, lagu yang dimainkan hanya itu-itu saja, yakni That Thing You Do. Film yang dibintangi oleh antara lain Liv Tyler dan Tom Hanks ini mengisahkan perjalanan karir one hit wonder band yang bernama The Wonders. Hanya dalam hitungan bulan, empat anak muda asal Pensylvania berubah menjadi bintang paling terkenal setelah The Beatles. Namun, setelah kejayaan mereka genggam, band pun mengalami keretakan yang berujung pada bubarnya band asal kota kecil tersebut. Yeah, meskipun hanya sejenak, hidup para anggotanya pernah 'diselamatkan' oleh musik....

BIOLA TAK BERDAWAI (2003)
Satu dari tiga film Nicholas Saputra yang tidak saya sukai. Tapi yah... karena salah satu tokoh dalam film ini, yakni Dewa (Dicky Lebrianto), hidupmya 'diselamatkan' oleh musik yang dimainkan oleh Bhisma (Nicholas Saputra) dan tarian Renjani (Ria Irawan), maka saya masukkan saja dalam daftar film tentang musik yang menyelamatkan hidup seseorang atau lebih. Ceritanya sih bagus, tapi karena alurnya lambat dan penampilan Jajang C. Noer sebagai dokter anak yang lebih mirip dukun santet, saya jadi agak bete saat menonton film ini.

RAY (2004)
Film kelas Oscar ini juga bukan film favorit saya. Tapi karena hidup Ray Charles (Jamie Foxx) telah 'diselamatkan' oleh musik, yah... masukkan saja dalam daftar. Seperti yang kita ketahui bersama, Ray Charles adalah musisi jenius yang telah mengalami kebutaan sejak kecil. Masa kecilnya terhitung suram, hingga pada masa dewasanya, ia sempat tumbuh menjadi pribadi yang rapuh dan kecanduan obat-obatan terlarang. Namun berkat kecintaannya pada musik, ia mampu bertahan dan 'kembali ke jalan yang benar'. Sebenarnya saya agak bosan juga saat menonton film ini, tapi tak bisa saya jelaskan kenapa. Hanya karena lagu-lagu Ray Charles memang ciamik, makanya saya betah menonton film berdurasi panjang ini hingga selesai....

Sampai di sini dulu, ya. Nanti saya lanjutkan lagi. Soalnya, selain kelima film di atas, masih banyak film yang menurut saya bisa masuk dalam daftar ini. Lihat saja nanti!

Music (usually) saves my life!

Gambar:
BIOLA TAK BERDAWAI :
admingroup.vndv.com
DANNY THE DOG, AUGUST RUSH, THAT THING YOU DO!, RAY :
imdb.com

Tidak ada komentar: